Rahasia perjuangan hidup

Ada sebuah kisah yang patut menjadi renungan kita bersama bagaimana kita mensikapi hidup dan perjuangannya. Pada suatu ketika seseorang menemukan kepompong seekor kupu. Suatu hari lubang kecil muncul. Dia duduk mengamati dalam beberapa jam calon kupu-kupu itu ketika dia berjuang dengan memaksa dirinya melewati lubang kecil itu. Kemudian kupu-kupu itu berhenti membuat kemajuan. Kelihatannya dia telah berusaha semampunya dan dia tidak bisa lebih jauh lagi.

Akhirnya orang tersebut memutuskan untuk membantunya. Dia mengambil sebuah gunting dan memotong sisa kekangan dari kepompong itu. Kupu-kupu tersebut keluar dengan mudahnya. Gembira hati orang tersebut karena telah melepaskan kesulitan yang diderita oleh kupu-kupu itu. Namun, kupu-kupu tadi mempunyai tubuh gembung dan kecil, sayap-sayapnya mengkerut. Orang tersebut terus mengamatinya karena dia berharap bahwa, pada suatu saat, sayap-sayap itu akan mekar dan melebar sehingga mampu menopang tubuhnya, yang mungkin akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu.


Kenyataannya, kupu-kupu itu menghabiskan sisa hidupnya merangkak di sekitarnya dengan tubuh gembung dan sayap-sayap yang mengkerut. Dia tidak pernah bisa terbang. Yang tidak dimengerti dari kebaikan dan ketergesaan orang tersebut adalah bahwa kepompong yang menghambat dan perjuangan yang dibutuhkan kupu-kupu untuk melewati lubang kecil adalah jalan Tuhan untuk memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu itu ke dalam sayap-sayapnya sedemikian sehingga dia akan siap terbang begitu dia memperoleh kebebasan dari kepompong tersebut.

Dari kisah tersebut kalau kita renungi kadang-kadang yang namanya perjuangan adalah suatu yang kita perlukan dalam hidup kita. Jika Tuhan membiarkan kita hidup tanpa hambatan dan perjuangan, itu mungkin justru akan melumpuhkan kita. Kita mungkin tidak sekuat yang semestinya yang dibutuhkan untuk menopang cita-cita dan harapan yang kita mintakan. Kita mungkin tidak akan pernah dapat “Terbang“. Sesungguhnya Tuhan itu Maha Pengasih dan maha Penyayang.

Ada ungkapan bijak lainnya dari pujangga terdahulu

Kita memohon Kekuatan…
Dan Tuhan memberi kita kesulitan-kesulitan untuk membuat kita tegar.

Kita memohon kebijakan…
Dan Tuhan memberi kita berbagai persoalan Hidup untuk diselesaikan agar kita bertambah bijaksana.
Kita memohon kemakmuran…
Dan Tuhan memberi kita Otak dan Tenaga untuk dipergunakan sepenuhnya dalam mencapai kemakmuran.
Kita memohon Keteguhan Hati…
Dan Tuhan memberi Bencana dan Bahaya untuk diatasi.
Kita memohon Cinta…
Dan Tuhan memberi kita orang-orang bermasalah untuk diselamatkan dan dicintai.
Kita Memohon kemurahan/kebaikan hati…
Dan Tuhan memberi kita kesempatan-kesempatan yang silih berganti.

Begitulah cara Tuhan membimbing Kita. Apakah jika saya tidak memperoleh yang saya inginkan, berarti bahwa saya tidak mendapatkan segala yang saya butuhkan? Kadang Tuhan tidak memberikan yang kita minta, tapi dengan pasti Tuhan memberikan yang terbaik untuk kita, kebanyakan kita tidak mengerti mengenal, bahkan tidak mau menerima rencana Tuhan, padahal justru itulah yang terbaik untuk kita.
Tetaplah berjuang…berusaha…dan berserah diri…
Jika itu yang terbaik maka pasti Tuhan akan memberikannya untuk kita.

Bersyukurlah karena kamu belum memiliki segala sesuatu yang kamu inginkan,
seandainya sudah, apalagi yang harus diinginkan.
Bersyukurlah apabila kamu tidak tahu sesuatu,
karena itu memberimu kesempatan untuk belajar.
Bersyukurlah untuk masa-masa sulit,
karena di masa itulah kamu tumbuh.
Bersyukurlah untuk keterbatasanmu,
karena itu memberimu kesempatan untuk berkembang.
Bersyukurlah untuk setiap tantangan baru,
karena itu akan membangun kekuatan dan karaktermu.

Hidup adalah perjuangan, di sanalah kita juga butuh pengorbanan.

About these ads

40 Responses to “Rahasia perjuangan hidup”

  1. mahadi pardede Says:

    SAYA SETUJU DENGAN SAUDARA HIDUP MEMANG PERJUANGAN JIKA KITA SUDAH MEMILIKI SEMUANYA SEKARANG, KITA PASTI MERASA TAK TAU APA YG AKAN DIKERJAKAN, KITA DIAM DAN JIKA BEGITU AKAN TERASA SPERTI DI NERAKA. SALUT———SALAM P4THETHE

  2. apri Says:

    Bravo perjuangan ,bahwa hidup ini memang memerlukan sebuah perjuangan,karena dengan perjuangan kita kan merasakan kenikmatan hakiki kehidupan dan sesungguhnya proses kelahiran kita juga diawali dari perjuangan dari sekian juta sel sperma untuk membuahi satu sel telur dan dari sekian juta sel sperma tersebut hanya satu yang mampu membuahi sel telur
    (from: http://www.apriok.wordpress.com)

  3. rja Says:

    betul bro, hidup memang perjuangan dan slama nafas masih ada perjuangan akan trus berlanjut,hidup merupakan kemampuan dlm menggunakan tantangan dan kesempatan yg dbri sang Pencipta.hidup ini pahit bro,namun jgn lupa u ttap tersenyum dgn orang2 disekitar bro..cma itu y dpat menghilankan kepenatan dlm hati.

  4. sigit Says:

    ak g ngerti apa maksud dari uraian tadi.ak hanya berharap ada yang mau berbagi tentang kisah hidupnya menghadapi berbagai kesulitan .HIDUP MEMANG SULIT, MAKA BANTUAN DARI ORANG LAIN SANGATLAH BERHARGA………..

  5. aan putra Says:

    tapi setiap perjuangan belom membuah kan hasil yang maksimal pengorbanan udah cukup kayaknya sampai saat sekarang masih belum ketemu jalan keluarnya ceritanya bagus tapi kalau di jadiin fakta hidup susah merealiasasikan???

  6. ibn Says:

    hidup adalah perjuangan tanpa henti-henti,usahlah engkau menangisi hari kemarin.kemenangan hari ini
    bukanlah kemenangan esok hari.kegagalan hari ini bukanlah kegagalan osok hari.

  7. anggi Says:

    very insightful..terimakasih banyak atas tulisannya mas

  8. hafiz Says:

    benar thu
    perjuangan adalah segalanya bagi kita…
    kita tidak boleh putus asa dengan tuhan
    karna kita tidak tahu rencana apa yang tuhan buat tuk kita
    tpi yang pasti tuhan memberikan yang terbaik buat kita
    jdi truslah berjuang jangan menyerah sebesar apa masalh yang kamu hadapi
    anggap saja tuhan lagi becanda ma kita
    karna dia pengen kita lebih baik…………

  9. Hafeezhito Says:

    izin copy paste yaa, notesnyabagus banget

  10. ibnu unding Says:

    hasil dari sebuah perjuangan itu nggak begitu penting,..yang terpenting adalah kita lakukan sesuatu dengan Semangat,Optimis,Antusias,Ikhlas,Tawakkal = Beres gak onok opo2

  11. dheans Says:

    Betul!!hidup slalu dijalani dg perjuangan,seperti yg saat ini aq alami,pahit memang pahit namun ketika tidak ada pilihan lain sepahit apapun hidup harus kita terima.sungguh miris,namun ini realita kehidupanku.aq yakin n percaya Allah S.W.T Mempunyai rencana dibalik kepahitan hidupku,Dia Tahu Yang Terbaik untuk hambanya.thanx to notes nya..membuat aq termotivasi tuk trus jalani hidup ini,thanx thanx

  12. Mencari Jati Diri Says:

    ternyata ada rahasianya ya, saya kira itu hanya proses pencarian jati diri saja..

  13. lilik shofiyah Says:

    kisah yg penuh hikmah … ijin copas yak

  14. aldhy Says:

    makasi postingnya……. memang hidup adalah perjuangan.. tak ada perjuangan tanpa pengorbanan, tak ada pengorbanan tanpa Iman tak ada Iman tanpa Islam….

  15. dedy aftaris Says:

    jadilah manusia yang selalu berjuang di dalam hidupnya,karena perjuangan itu akan bernilai di saat manusia itu merasakan ker5asnya rintangan hidup.jangan menjadi manusia yang selalu di goncang dunia,yang selalu di per mainkan oleh kondisi di sekitar anda!maka jadilah manusia yang menggemgam dunia,yang bisa mengatur perputaran zaman.,go………succes

  16. anton girsang Says:

    Ya hidup harus berjuang, namun kalau kita sdh mendapatkan alasan mengapa kita dilahirkan ke dunia ini, dari suku mana,warna kulit,jenis mata,rambut dll sesungguhnya bukanlah pilihan kita. Tapi kenyataannya kita sudah di lahirkan kedunia ini, apakah yang menggerakkan kita untuk melakukan segala sesuatu, kalau karena alasan kekuatiran, keutuhan diri atau yang lain ? Sungguh hidup akan lebih bersemangat kalau kita melakukan sesuatu karena satu alasan yakni karena apa sebenarnya anda dilahirkan ke dunia ini.(Anton Girsang)

  17. arlen barus Says:

    Menurut aku hidup memang penuh perjuangaan,tp jgn terlalu dipikiri…hadapi saja dengan senyuman,,,mungkin sudah suratan dari YANG KUASA, satu tipsssss..dari aku untk km yg membaca….buat lah dirimu mersa bahagia walau dalam keadaan sesulit apa pun.mungkin itu bisa mengobati rasa keputus asaan kita

    • arlen barus Says:

      Menurut aku hidup memang penuh perjuangaan,tp jgn terlalu dipikiri…hadapi saja dengan senyuman,,,mungkin sudah suratan dari YANG KUASA, satu tipsssss..dari aku untk km yg membaca….buat lah dirimu merasa bahagia walau dalam keadaan sesulit apa pun.mungkin itu bisa mengobati rasa keputus asaan kita.
      harta adalah kiasan semata ,kejujuran,ke ikhlasan itu yg utama….tapi jangan lupa semannnnnngat itu harus ada..

      *ORA et LABORA*

  18. adi Says:

    di dalam hidup ada susah,ada senang,ada gembira,ada tangis ada tertawa ada berduka,ada sakit ada sehat dll semua sudah hukum alam seperti bumi berputar maka ketika hidup anda sedang berada di posisi apapun selalu ingat depan dan akhir kejadian untuk mengambil setiap hikmah untuk lebih baik lg ke depanya . se sulit apapun hidup anda nikmati semua kejadian jangan sekali-kali jadi penyesalan yang tak ber ujung tp nikmati dan jalani hidup anda dengan sebaiknya di sisa hidup anda besok untuk menjadi lebih baik.

  19. inung Says:

    prjuangan tlah q lalui. Pgorbanan tlah q jalani. Tp keikhlasan belum q dapati..

  20. yudi x cakara Says:

    hidup = mati……..slama masih diberi umur SEMANGAT jgn pernah henti.

  21. yudi x cakara Says:

    lebih baik aq mati karna bekerja keras dari pada aq mati hanya krna jd pemalas…SEMANGAT …

  22. d41z Says:

    ksih shsre facebook or twetr donk..biar lebih gaampnk di share sama lain..

  23. Zukhruf Says:

    perjuangan…
    takkan bernilai hidup ini tanpa adanya perjuangan…
    So…dengan berjuang, raihlah keridhoanNya!!!

  24. irvan Says:

    kebanyakan……sulit mengidentifikasikan “medan perjuangan” dalam perjalanan hidup ini seperti apa, karena tu menentukan strategi mana yg diterapkan.

  25. Anggi Permana Says:

    Makasih aj atas ilmu yang sudah di berikan

  26. Moh rozy Says:

    right!

    the life is adventure,not a destination_
    so,get spirit alwayz everytime_

  27. abu rifki Says:

    hidup + masalah = Kesuksesan

  28. Rizca murid Akademia Says:

    Jnqn prnah menqeluh dlm menjalni hdup nie ,ssunqquh’a Allah hnya inqin tw sebzar apPa ksbrn kita

  29. Ivan Says:

    Nice…Izin copas bos…

  30. Rido sandi atmanto Says:

    Hidup tanpa perjuangan hanya akan membuat hidup terasa hampa

  31. aries Says:

    betul pak, seseorang butuh perjuangan dan kadang harus berkorban segalanya, untuk tidak pantang menyerah hindari suka mengeluh…http://www.hc-arsitekrumah.com

  32. rsigit Says:

    Allah memang akan selalu memberikan yang terbaik untuk hambaNya…

  33. Alam Says:

    Semoga Semua yang coment disini Masalah-masalahnya dapat terselesaikan, dan semoga semua sukses karna Perjuangan masing2..
    Aminn. . . .

  34. dian Says:

    terharu sekali

  35. m.nur iman Says:

    jdkan dunia sbg pnjaramu,khdupan sbg siksa’nmu dan akhrat sbg surgamu.
    mka kmu akn mgerti akn prjuangan hdup.

  36. desi siregar Says:

    betul bgt

    hidup ini hrs ad perjuangan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: