Kerja !

Itu adalah satu kata yang bisa menjadi sebuah kalimat yang bermakna dalam. Tergantung dari yang mengucapkannya, bisa saja menjadi jawaban sebuah tanya, bisa juga menjadi kata perintah yang bengis dan kejam. Sebagai salah satu umat manusia, kita tidak bisa dipungkiri lagi pasti dipusingkan oleh satu kata ini. Dari yang namanya seorang presiden sampai ke pengemis di pinggir jalan pasti akan akrab dengan istilah ini, cuma persoalan yang dihadapi memang berbeda.

Seorang anak manusia dari yang tidak lulus SD sampai yang lulus Doktoral, masih saja dipusingkan dengan masalah kerja. Yang jadi masalah, sebenarnya kerja itu apa? Apakah kerja itu dengan menjadi kuli bangunan, yang dari pagi sampai malam memeras keringat untuk hasil yang mungkin bisa dikatakan ‘cukup’ itu. Apakah kerja itu hanya duduk di depan komputer, dengan sedikit manipulasi dari pagi sampai sore untuk hasil yang belum jelas juga.

Kemarin ketika sedang naik bis menuju Benhil dari Rawamangun, kulihat seorang bocah dengan polosnya membagikan secarik kertas bertuliskan kata-kata, enggak jelas apa isinya, kelihatannya berbunyi sumbangan untuk mereka, membantu sekolah mereka atau untuk makan sehari-hari mereka. Kalo diperhatikan, kasihan sekali anak-anak itu, masih kecil tapi sudah harus menanggung beban orang tua mereka untuk dapat makan nasi. Nah pertanyaannya, dimanakah orang tua mereka? Apakah orang tua mereka tidak mencukupi kebutuhan mereka?

Banyak sekali teori konspirasi muncul dengan adanya fenomena demikian. Diantaranya, mereka itu sengaja dipasok dari daerah tertentu untuk mengemis. Ada juga versi dimana mereka sengaja diajak orang tua mereka untuk mengemis. Hmmm… jaman apakah ini? Orang tua macam apakah mereka itu? Lalu siapakah yang harus bertanggungjawab terhadap masalah ini?

Dalam UUD 45 ada pasal yang kurang lebih berbunyi “fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara”. Ha… apa pula ini, ada undang-undangnya kok masih banyak anak yang terlantar. Apa yang terjadi dengan negeri ini. Semrawut…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: