Nglembur !

Kata tersebut bagi kebanyakan orang yang sudah merasakan pahit getirnya bekerja adalah kata yang tidak asing lagi. Nglembur adalah bagian dari aktivitas pekerjaan yang diperlukan apabila ada desakan dari batas waktu selesai dari pekerjaan itu. Nglembur merupakan budaya yang dilihat dari sudut kesehatan sebenarnya tidak bagus. Karena dari nglembur itu sendiripun ada hal lain yang menyebabkan kesehatan terganggu.

Kebanyakan orang yang nglembur adakalanya mengorbankan waktu mereka yang sebenarnya buat istirahat, tapi dipakai buat nglembur. Nah ini yang sebenarnya dikatakan sebagai mengganggu kesehatan. Maraknya budaya nglembur inilah membentuk budaya baru di era teknologi berkembang sedemikian pesat.

Dulu, sewaktu masa trendnya bertani, orang berangkat pagi pulang sore, paling lambat pulang menjelang maghrib. Ada juga sebelum dzuhur pulang, habis dzuhur berangkat ke sawah lagi lalu pulang menjelang maghrib. Sekarang ketika orang sudah mulai mengenal administrasi, ada kebiasaan baru yaitu pulang ke rumah di atas jam 7 malam. Adanya aktivitas kantor menyebabkan sebagian orang harus melakukan lembur demi terselesaikannya administrasi.

Permasalahannya ketika sampai rumah, orang yang bersangkutan sudah merasa capek, karena nyampe rumah paling sekitar jam 8 – 9 malam. Tidak ada waktu buat nyantai di rumah. Nyampai rumah langsung tidur, lalu esok harinya harus berangkat pagi-pagi lagi. Sungguh sebuah budaya baru yang tidak menyehatkan. Ah !

Posted in mmm. 1 Comment »

One Response to “Nglembur !”

  1. koeaing! Says:

    Begitoela boeng, ik djoewa ngalemboer moeloe ini poen, soalan mingsih banja ik poenja blog iang blon diupdate😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: