Jenuh !

Barangkali hal ini yang mulai dirasakan oleh beberapa manusia jaman sekarang ini. Orang pada mulai jenuh menlakukan aktivitas kesehariannya. Orang pada mulai jenuh dengan rutinitas hidup yang semakin membelenggu (menurut dia). Orang juga tidak sedikit yang merasa bosan dengan kegiatan yang dilakukan berulang-ulang dari pagi hingga sore, bahkan malam sampai pagi lagi.

Memang susah hidup di jaman sekarang ini. Meski jaman sudah dikatakan modern, persoalan yang dinamakan ketenangan dan kenyamanan masih jauh dari harapan. Orang mau keluar aja was-was rumahnya disatroni maling, orang naik bis aja was-was dicopet. Bahkan untuk makan aja orang sudah mulai curiga dengan adanya berbagai isu, mulai dari adanya formalin sampai bakso daging tikus. Lama-lama orang jenuh juga menghadapi hal yang demikian.

Kejenuhan bisa membikin orang jadi terganggu kesehatannya. Kejenuhan bisa pula meningkatkan aktivitas fungsi otak yang pada akhirnya nanti mengakibatkan stress. Wah sungguh luar biasa dampak dari adanya jenuh itu.

Bagi orang-orang yang punya kelebihan pendapatan, mungkin dengan sedikit berlibur ke Bali atau yang paling dekat berlibur ke Puncak, mungkin akan sedikit meredakan kejenuhan yang dialaminya. Tapi bagaimana dengan buruh pabrik, pekerja bangunan dengan segala aktivitas monotonnya itu, mau kemana mereka. Untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya aja mungkin masih harus ngutang kiri kanan, apalagi mereka harus pergi ke puncak. Namun ada hal yang patut direnungi bersama, bahwa para buruh pabrik, atau pekerja bangunan itu ternyata jarang yang menderita stress gara-gara mengalami kejenuhan. Mereka sudah merasa senang ketika melihat keluarganya tercukupi kebutuhannya. Mereka juga cukup senang dan bahagia ketika berkumpul dengan keluarganya. Wah sangat kontras dengan gaya hidup orang yang mempunyai kelebihan pendapatan.

Adalah tidak bisa dipungkiri bahwa tiap manusia dalam mensikapi kejenuhan yang dialaminya itu berbeda. Ada yang dengan memanfatkan kelebihan yang dia punyai, ada juga yang memanfaatkan kekurangan yang dia punyai untuk mengatasi kejenuhannya itu. Itu pilihan anda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: