Membangun Peradaban

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa membangun peradaban adalah tidak mudah. Apakah benar demikian. Banyak orang bilang peradaban yang dibangun itu melibatkan banyak pihak, salah satunya yang paling penting adalah pihak yang berkuasa dalam negeri tersebut. Pemerintah dalam hal ini dijadikan center minded, bahwa perubahan harus dimulai dari pemerintah. Setiap contoh harus bisa dimulai dari pemerintah. Apakah benar demikian?

Apakah dari setiap diri ini muncul sebuah kesadaran baru dimana masing-masing diri mempunyai andil yang kuat di alam sebuah peradaban. Kalau diri-diri ini memiliki semangat yang demikian maka tentunya juga tidak akan cepat puas dengan hasil yang ada, atau malah saling menyalahkan. Masing-masing diri merasa mempunyai fungsi yang mungkin berbeda dengan yang lainnya, dimana fungsi itu harus dijalankan dengan atau tanpa pihak lain.

Semangat seperti inilah yang hendaknya dimiliki oleh setiap diri kita. Semangat untuk mewujudkan sebuah peradaban yang tentunya benar-benar beradab. Bukan sekedar peradaban yang biadab, tapi sebuah peradaban yang mampu menjadikan penduduknya dihormati oleh diri-diri dari tempat dan ruang waktu yang berbeda. Yah tentunya tidak cuma hanya sekedar guyon saja, ini adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Peradaban yang dimaksud tentunya adalah peradaban dimana penduduk yang menghuni negeri tersebut benar-benar makmur sejahtera. Tidak ada yang namanya kebiadaban. Saling jegal dalam setiap aktivitas keseharian, apalagi saling mencelakai. Dalam peradaban yang beradab selalu muncul yang namanya ketentraman baik di siang maupun malam hari. Penduduknya tidak ada yang minta-minta. Kalau ada penduduk yang kurang mampu, ada pihak yang dengan sukarela membantu mengentaskan ketidakmampuannya itu.

Peradaban yang terwujud dengan kesadaran bersama tentunya akan memunculkan secercah cahaya baru, yaitu cahaya kebahagiaan bersama.

One Response to “Membangun Peradaban”

  1. andi Says:

    Membangun satu peradaban memerlukan waktu yang panjang dan harus dilakukan oleh banyak pihak. Sebanyak apapun pihak itu terdiri dari Orang pribadi dan sebaik apapun sistem apabila pribadi tersebut tidak mengindahkan sistem yang diberlakukan maka tidak ada gunanya. Semua berpulang pada pribadi masing-masing yang menjalankan kehidupan ini. Semakin pribadi-pribadi tersebut mempunyai tingkat kesadaran yang semakin tinggi maka semakin baik pula peradaban tersebut, akan tetapi sebaliknya jika semakin rendah tingkat kesadaran pribadi ini maka semakin biadab pula peradaban ini.
    dimensi5 : Betul Kang!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: