Banjir

Beberapa hari ini hujan datang seakan tiada henti. Mulai dari pagi, siang, sore, malam bahkan sampai pagi lagi. Repotnya hujan deras adalah, ketika penampungan air yang sudah tidak muat lagi, ibarat lumpur lapindo dia akan meluber kemana-mana. ke jalan, ke perkampungan-perkampungan. Akhirnya yang namanya kendaraan bermotor mulai dari sepeda motor sampai mobil harus menghindari genangan air yang cukup dalam untuk tidak terjadi macet pada kendaraannya. Perkampungan-perkampungan pun tak luput dari yang namanya banjir ini, bahkan tak mengenal kela. Dari yang kelas gubuk kumuh, sampai kelas kompleks perumahan pun tergenang sampai beberapa cm, bahkan ada yang sampai lutut manusia.

Sungguh hal yang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa yang namanya banjir adalah suatu kemungkinan yang bisa terjadi akibat adanya hujan yang tak kunjung reda. Banjir judga merupakan hal yang normal jika kita melihat dari sifat air itu sendiri, yaitu mencari tempat yang rendah.

Hendaknya menjadi PR bersama bahwa untuk mencegah atau meminimalkan terjadinya banjir itu hendaknya lebih menekankan pembuatan drainase yang benar. Dibuat saluran air yang bener-bener sanggup manampung debit air yang cukup banyak. Sehingga pengalaman melubernya air ke jalan atau ke perkampungan dapat dicegah atau paling tidak dapat diminimalisir.

Selebihnya adalah penataan kota yang semrawut macam jakarta memang mempunyai potensi menimbulkan banjir. Mulai dari daerah kumuh yang antara rumah satu dengan yang lain cuma dibatasi dengan gang ‘kecil’ dengan saluran air yang cukup kecil juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya luapan air di daerah itu.

Yah hendaknya kita bisa belajar dari semua kejadian yang menimpa kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: