Kota Air

Agaknya Jakarta akan menjadi kota air. Air menggenang di hampir seantero wilayah Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, mulai dari yang hanya sebatas dengkul sampai jari orang dewasa pun tidak kelihatan ketika menjejak tanah dengan posisi mengacungkan jari tangannya. Sungguh kondisi yang sangat memprihatinkan. Yang lebih parah lagi adalah tidak hanya satu atau dua hari, akan tetapi sudah 5 hari ini Jakarta tergenang dengan air, sejak hari kamis kemarin.

Akankah Jakarta benar2 jadi kota air? Air yang sudah menggenang di sana sini seakan-akan tidak ada yang bisa mengatasinya. Baik itu Pemkot atau Pemerintah Pusat, seakan terhenyak dan terpana dengan kondisi banjir yang datang sekan-akan datang begitu saja.

Hendaknya kita lebih bisa merenungi kondisi ini. Apakah kejadian ini kebetulan atau hanya kesalahan yang selalu diulang lagi dari waktu ke waktu? Kebiasaan warga yang membuang sampai tanpa kendali mungkin menjadi salah satu penyebab timbulnya banjir di Jakarta. Atau tata kota yang serampangan dengan mengutamakan keuntungan sesaat mungkin juga menjadi salah satu penyebab banjir di Jakarta. Tata kota sekarang ini terlihat sangat semrawut. Di satu sisi tidak sedikit bangunan mall di setiap titik di Jakarta, juga pembangunan perumahan yang hanya mengejar keuntungan semata tanpa mempertimbangkan kemungkinan banjir yang akan terjadi dengan melihat kondisi lingkungan sekitar mungkin menjadi salah satu penyebab timbulnya banjir ini.

Sambil melihat kemungkinan cara mengatasinya, hendaknya kita lebih mendekatkan legi kepada Khalik sang pencipta kita. Meski sudah terlambat, saatnya kini kita kembali kepada Allah swt, kita serahkan semuanya kepada Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: