Guru curang

Agak menggelikan ketika mendengar judul di atas. Dari berita di tv pagi tadi aku mendengar bahwa ada guru yang curang. Bagaimana bisa, biasanya kan yang curang itu murid atau siswanya dalam menghadapi ujian untuk mendapatkan nilai yang bagus. Apa motif seorang guru yang curang, apa yang dicuranginya.

Dari keterangan para siswa yang sedang berdemo menuntut guru yang curang di depan DPRD (daerah Sumatera kalo nggak salah denger) guru tersebut telah melakukan tindak kecurangan dengan memberikan jawaban kepada oknum murid. Hal ini telah meresahkan murid lainnya yang merasa bahwa praktik semacam itu adalah tidak adil.

Terlepas dari benar tidaknya berita itu ada baiknya kita cermati fenomena yang sedang berlangsung ditengah masyarakat yang semakin lama kok rasanya tambah nggak jelas gini. Sesuatu yang sangat menjemukan ketika dunia pendidikan dibumbui bisnis. Bisnis yang memanfaatkan kondisi. Kondisi yang seseorang yang membutuhkan nilai untuk lulus, rela mengeluarkan puluhan juta rupiah. Sungguh hal yang sangat menggelitik. Mau-maunya orang itu rela kehilangan uang puluhan juta rupiah hanya demi selembar ijasah.

Belum lagi nantinya untuk mendapatkan sekolah setelah si murid lulus dari sekolahnya. Mungkin orang tua si murid juga sangat dengan mudahnya mengeluarkan puluhan bahkan mungkin ratusan juta rupiah asalkan anaknya bisa ketrima di sekolah yang yahud. Sementara itu ketika ada seorang pengemis di pinggir jalan yang mungkin hanya minta beberapa rupiah saja, ngomelnya lebih banyak yang belum tentu dia memberi. Sungguh sangat mengesalkan.

Ah … adakah yang memikirkannya?

One Response to “Guru curang”

  1. NIP Says:

    Yo mas, mas begitulah keadaan kita
    wabah virus nurani menyebar kemana2, tanpa ada pencegahan/ tindakan koyo flu burung
    Coba kita tengok saudara muda kita Vietnam, melaju kencang…

    dan kita sekarang memang generasi Popmie,
    salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: