Met hari buruh

Hari ini buruh sedunia merayakan hari jadinya. Hari dimana para buruh merasakan kebebasannya untuk berekspresi. Para buruh mencoba mengungkapkan apa yang menjadi bebannya selama ini. Beban yang merepa pikul, mereka coba ungkapkan pada hari yang menurut istilah dunia dikenal sebagai mayday.

Menilisik lebih jauh tentang buruh ini, sebenarnya tanpa disadari oleh banyak orang ternyata peran buruh bagi dunia sangatlah besar. Mulai dari bahan makanan, tanpa adanya buruh tani yang dengan keringat bercucuran ditengah terik yang membakar mereka, mereka rela demi tanaman pertanian yang mereka tanan. Tentunya juga demi keluarganya yang menunggu di rumah. Selain itu kalo kita lihat buruh pabrik di pabrik garmen, tidak sedikit yang bekerja tidak kenal waktu, meski dengan kerja sistem shift, bagi merekabekerja adalah memenuhi tuntutan keluarga juga. Tanpa kita sadari merekalah yang menyediakan bahan pakaiana di seluruh dunia.

Belum lagi buruh-buruh yang lain, mulai spart part kendaraan sampai kuli bangunan tinggi, tanpa jasa mereka mana mungkin yang namanya eksekutif bisa bekerja di ketinggian menara bangunan yang dingin dantenang. Met hari buruh, semoga nasib para buruh tidak tertindas lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: