the evil wears prada

Entah apa maksud dari ‘prada’ pada judul di atas yang jelas penulis belum menemukan arti kata prada itu. Apakah ada kaitannya dengan ‘praja’ yang terakhir kemarin sempat heboh dengan peristiwa Clift Muntu itu. Tapi yang jelas kata itu merupakan salah saru dari rangkaian kata yang membentuk judul sebuah film luar negeri.

Film yang dibintangi oleh Meryl Streep sebagai Miranda Priestly dan Anne Hathaway sebagai Andy Sachs, mengisahkan kehidupan seorang boss sebuah perusahaan terkemuka Runway yang bergerak dalam bidang fashion yaitu Miranda Priestly dengan salah satu asisten barunya Andy Sachs yang pada awal melaksanakan tugasnya merasa sangat kebingungan dengan apa yang dimaui oleh si boss.

Pada awal menerima pekerjaan ini Andy sangat kebingungan dengan kemauan yang diinginkan oleh bossnya. Setiap kali dia melaksanakan tugas dengan baik dan bagus, nggak ada satupun pujian atau ucapan terima kasih yang dia terima. Akan tetapi waktu ada kesalahan kecil saja maka bossnya seolah-olah berubah menjadi buas. Hal ini membuat jengkel Andy dan sangat membingungkan perilaku boss yang susah ditebak itu. Boss yang roman muka yang dingin.

Saking bingungnya Andy Sachs pun bertanya ke assisten seniornya yang bernama Emily (Emily Blunt) dan juga salah satu pegawai Miranda Priestly yang bernama Nigel (Stanley Tucci), dari kedua orang ini Andy Sachs belajar banyak hal tentang sifat dari boss yang cukup merepotkan bagi banyak orang. Kehidupan pribadi Andy Sachs dengan pacarnya pun terancam bubar, bahkan hubungan keduanya sempat mengalami break.

Dalam cerita di film ini, seorang Andy Sachs akhirnya mampu mengikuti irama keinginan sang boss, yang pada akhirnya Miranda Priestly menaruh kepercayaan yang besar pada Andy Sachs. Bahkan assisten seniornya yang harusnya menjalankan peran penting mendampingi Miranda ke Paris gagal hanya karena sedang menderita flu. Akhirnya kesempatan itu jatuh ke tangan Andy Sachs, yang menghadapkan Andy pada pilihan harus mengatakan sendiri ke Emily soal siapa yang mendampingi Miranda ke Paris nantinya, yang nantinya membuat boomerang bagi Andy soal sifatnya mirip dengan Miranda.

Cerita pada film ini mengalir terus, sampai akhirnya Andy Sachs membuat keputusan untuk meninggalkan Miranda. Dampak dari tindakan yang dilakukan Andy ternyata sungguh sangat tidak Andy bayangkan. Dari lamaran yang dia kirimkan ke publisher, dari pihak publisher menyatakan bahwa mereka mendapat surat dari Miranda Priestly yang dulu pernah mempekerjakan Andy Sachs, menyatakan bahwa Andy Sachs adalah salah satu dari mantan pegawainya yang sangat mengecewakan dan kalo sampai ada publisher yang mau mempekerjakan Andy Sachs maka akan dianggap Miranda sebagai publisher yang tolol. Melayanglah kesempatan dari Andy Sachs untuk dapat pekerjaan itu.

Pada bagian akhir dari film ini, Andy Sachs melihat Miranda keluar dari kantornya. Masih dengan sifat yang sebelumnya. Dengan wajah penuh senyum Andy mencoba menyapa Miranda dengan anggukan kepala, namun disambut dengan raut muka dingin penuh dengan rasa kemenangan. Mobil Miranda pun melaju melewati Andy yang masih tersenyum dengan leganya. Ternyata Andy lega bisa membebaskan dirinya dari kungkungan pekerjaan yang membelenggunya. Pekerjaan yang selama ini telah mengubah pola pikir dan waktunya. Ternyata pekerjaan yang menyenangkan adalah lebih baik dari pada yang tidak menyenangkan, meskipun pekerjaan tersebut diinginkan oleh banyak orang.

Terlepas dari cerita film di atas, ada nggak tipe boss seperti yang diceritakan pada film tersebut? Apakah ada boss yang begitu tega menghancurkan karier bawahannya tanpa mempedulikan bahwa itu juga menyangkut kehidupannya? Apakah ada boss yang begitu tega menyuruh bawahannya tanpa melihat kiri kanan, seolah-olah segalanya harus bisa dilaksanakan?

Posted in Film. 2 Comments »

2 Responses to “the evil wears prada”

  1. Rizma Adlia Says:

    Prada = Merk kan??
    Ma blom nonton,, padahal DVDnya ada dirumah,,

    dimensi5 : aku juga baru tau ternyata prada itu emang salah satu merek. Kata temenku sih merek, tapi merek apa aku juga blm tau. Ada yang tau merek apa, yang jelas terkait dengan dunia feisyen.

  2. fertobhades Says:

    Prada itu salah satu merek fashion (pakaian, tas, perhiasan, dll) yang berasal dari Italia. Memang tidak terlalu terkenal di Indonesia. Tapi di AS, Prada adalah salah satu merk yang sangat terkenal di kalangan atas.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: