Kejujuran

Kejujuran emang susah dicari di negeri ini. Ada saja alasan orang untuk tidak jujur dalam melakukan sesuatu. Udah tidak jamannya lah atau dengan alasan kalo terlalu jujur ntar nggak bisa makan lah dan serangkaian alasan apapun untuk menutupi ketidakjujuran mereka. Memang aneh untuk bisa bersikap jujur, apalagi dengan semakin banyaknya jumlah manusia yang makin lama makin beragam dan penuh dengan rahasianya.

Ada satu contoh figur yang dianggap tokoh oleh sebagian orang dan dianggap musuh oleh sebagian lainnya, yaitu sosok Amien Rais yang mencoba jujur dengan caranya sendiri ternyata menghadirkan pertentangan dan pujian di kalangan ummat. Terlepas dari kontroversi itu semua hendaknya kita dapat lebih memahami arti kata jujur tersebut. Jujur dalam artian tidak hanya terhadap orang lain akan tetapi jujur terhadap diri sendiri adalah yang paling penting dan utama.

Kejujuran terhadap diri sendiri inilah harusnya menjadi ciri pribadi yang didambakan. Karena dengan jujur terhadap diri sendiri dengan sendirinya kita juga akanjujur dengan orang lain. Ini yang hendaknya menjadi fokus kajian kita lebih dalam. Apalagi ditengah kondisi ummat manusia yang makin lama tidak jelas dewasa ini, kita sebagai ummat islam harusnya menjadi panutan yang baik bagi ummat islam lainnya atau bagi ummat yang lain. Hendaknya kita bisa menjadi rahmatan lil alamin.

Dalam usaha untuk mewujudkan pribadi yang jujur, hendaknya kita mulai dari hal yang sangat sederhana yaitu dengan mengevaluasi diri kita sendiri. Pada malam hari sebelum tidur kita biasakan untuk bisa merenung sejenak sambil mengingat namaNya. Apakah yang sudah kita lakukan dari pagi hingga malam menjelang tidur hari ini. Kesalahan apa yang sudah kita perbuat seharian ini. Hal positif apa yang harus kita perbanyak setelah seharian kita berusaha untuk melakukan hal positif tersebut. Dan pertanyaan lainnya yang dapat menggugah nurani kita untuk memperbaiki diri kita pada esok paginya. Pada kesempatan merenung ini kita harus jujur pada diri sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: