kompetisi hidup

Dalam era sekarang ini dengan pertumbuhan penduduk dunia yang demikian pesatnya, ditambah dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang tak kalah cepat. Semuanya itu menuntut kecerdasan dan kearifan setiap individu untuk mensikapinya. Ada yang udah siap denga persaingan itu lalu mempersiapkan segalanya, bahkan kalo perlu memasang egoisme setinggi-tingginya. Kalo perlu injak bawah sedalam-dalamnya, dengan tujuan menjadi terhebat.

Sungguh luar biasa semangat yang demikian itu, apalagi kalo apa yang diusahakan itu berhasil dan mendapat pujian dari sana sini. Alangkah menyenangkannya memeperoleh hal yang demikian.

Ditengah persaingan hidup yang tidak sehat ini, orang terkadang melakukan tindakan yang terkesan brutal dalam mengambil simpati masyarakat luas. Apalagi dalam dunia bisnis, wah sungguh kejam n harus tahan mental. Dunia yang dalam istilah masyarakat awam dikatakan sebagai pasar, sejak jaman nabi dahulu udah pernah diperingatkan agar menjauhi pasar, karena disana penuh dengan kebusukan dan kemunafikan. Begitulah dalam dunia bisnis, apalgi bisnis modern yang udah sangat luas perkembangannya sekarang ini.

Coba perhatikan gambar iklan di bawah ini !

bmwaudi

Kalo kita perhatikan mungkin kita akan terheran dengan materi iklan yang demikian. Terlihat materi iklan yang saling memberikan ucapan selamat, akan tetapi dengan tetap menekankan keunggulan diri.

Dalam banyak hal terkadang kita tidak mau mengakui keunggulan orang lain. Terkadang telinga kita panas dengan keberhasilan yang dicapai oleh orang lain. Keberhasilan yang terkadang membuat kita menjadi sangat iri bahkan dengki dengan orang lain. Sifat yang demikianlah yang terkadang menggerogoti sisi dasar kemanusiaan kita, yang pada gilirannya nanti melahirkan sifat apatisme terhadap orang lain. Apalagi ditunjang dengan keegoisan kita yang makin meninggi.

Terlepas dari itu semua, dari kondisi bagaimanapun kita, dari manapun awal kita, hendaknya kita semakin arif dengan kondisi di sekitar kita, Kita makin bijak dengan segala persoalan yang semakin menghimpit perikehidupan ummat manusia sekarang ini. Kita bisa melakukan sesuatu untuk membantu orang lain. Kita bisa meluangkan waktu kita untuk mencurahkan tenaga, pikiran maupun harta yang kita miliki untuk dapat kita pergunakan bagi kemanfaatan bersama.

Kita sebagai manusia yang dikaruniai akal dan pikiran dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup ummat manusia. Kita dapat memberikan kontribusi yang tidak sedikit demi cita-cita kesejahteraan masyarakat yang tak hanya dinikmati oleh segelintir orang. akan tetapi dapat dinikmati secara merata dan adil bagi setiap kehidupan kemanusiaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: