What a Sexy?

Sabtu sore kemarin aku liat acara Naked Sciencenya di Metrotv yang membahas kalo ga salah topicnya What a Sexy? Acara yang berdurasi selama kurang lebih satu jam, menelaah tentang bagaimana ilmu pengetahuan dalam hal ini ilmuwan menjelaskan tentang cinta dan turunannya. Pada tayangan awal digambarkan bagaimana dunia binatang mengenal dan mengungkapkan rasa ketertarikan kepada pasangannya.

Lalu pada tayangan selanjutnya dipertanyakan bagaimana rasa ketertarikan kepada lawan jenis itu diperoleh. Faktor apa yang menyebabkan seseorang itu suka atau tidak suka terhadap pasangannya. Serangkaian uji coba dan test dilakukan oleh para ilmuwan untuk menguak kebenaran dibalik rasa cinta. Ungkapan cinta yang selama ini telah menjadi misteri banyak kalangan, baik penyair, pencipta lagu maupun pengarang novel terkenal mereka semua hampir terinspirasi oleh tema cinta ini.

Yang menarik adalah kesimpulan yang ditarik dari serangkaian uji coba yang melibatkan mahasiswa yang notabene masih muda dan mengalami masa tertarik dengan lawan jenisnya ini menyarakan bahwa rasa suka pada seorang pria pada wanita adalah karena pandangan pertama. Dalam hal ini visualitas obyek yang terkesan indah atau cantik lebih mendorong seorang pria untuk tertarik pada lawan jenisnya. Berbeda dengan wanita, dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, wanita lebih cenderung tertarik kepada pria yang mempunyai kesan yang baik dalam otaknya. Wanita lebih suka mengingat kebaikan yang pernah diterima dari teman prianya daripada hanya tampilan permukaan saja. Itulah yang menyebabkan kenapa seringkali wanita lebih senang menceritakan cowoknya kepada wanita lain ketika mereka sedang asyik ngobrol.

Dalam penelitian itu yang melibatkan mahasiswa sebagai kelinci percobaannya telah memunculkan suatu hasil yang menarik untuk disimak. Dalam hal ini mengenai sifat kecenderungan seseorang terhadap rasa ketertaikan terhadap lawan jenis. Kaum pria lebih cenderung tertarik terhadap wanita karena kesan visual yang ditampilkan, sedangkan kaum pria lebih cenderung tertarik terhadap pria yang mempunyai kesan baik dalam memori otaknya. Nah, hasil penelitian ini mungkin dapat dipakai sebagai pegangan bagi kita dalam rangka mencari pasangan hidup. Kalo pengin mendapat tanggapan positif dari calon pasangan kita, tampilkannlah kesan seperti hasil penelitian di atas. Kalo sebagai pria berilah kesan yang baik pada wanita idaman anda, kalo anda sebagai wanita tunjukkanlah kesan visualisasi yang baik di mata calon pria idaman anda.

Ada hal menarik lagi pada tayangan tersebut, yaitu apakah pasangan itu mempunyai kecenderungan selingkuh? Dalam hal ini para ilmuwan saling berbeda pendapat. Ada yang berpendapat memang manusia secara normal ada kecenderungan untuk berselingkuh. Namun ada pula pendapat (tampaknya lebih kuat) bahwa kecenderungan selingkuh seseorang itu terpicu oleh nafsu (birahi) yang dimilikinya terhadap lawan jenisnya. Dalam hal ini wacana cinta sejati itu memang bener-bener ada. Cinta sejati itu muncul karena ada kerelaan hati dalam menerima keadaan dari pasangan hidupnya. Merasa nyaman dengan pasangan hidupnya. Dan hubungan semacam ini bukan karena nafsu (birahi), akan tetapi bener-bener hubungan yang dilandasi oleh menyatunya individu dalam maghligai hidup. Puncaknya adalah ada media pernikahan yang menyatukan keduanya, dan anak yang diperoleh adalah bukti persatuan yang merekan bangun.

Lalu bagaimana dengan fenomena cerai yang belakangan ini marak, lebih-lebih dikalangan artis, bahkan anak dari mantasn penguasa bangsa ini juga dilanda badai perceraian juga. Dalam tayangan acara tersebut tidak dijelaskan mengenai fenomena perceraian tersebut. Namun kita dapat mengambil sisi negatif dari perceraian tersebut. Perceraian membuktikan bahwa belum ada rasa keikhlasan dalam menerima keadaan dan kondisi pasangan hidupnya. Dalam hal ini bukan cinta sejati yang menyatukan keduanya, meskipun telah memiliki anak yang bahkan udah berumur seperempat abad, agaknya nafsu (birahi) lah yang telah mengendalikan kehidupan mereka selama ini. Lalu bagaimana dengan fenomena poligami yang sebelumnya pernah heboh di negeri ini? Agaknya hal ini sama dengan kasus di atas, meskipun tertuang dalam Al Qur’an, bukan berarti kita dengan seenaknya mempermainkan ayat sesuka kita. Dengan dalih ada ayatnya dan nabi pernah mempraktekkan, lalu ditarik kesimpulan bahwa poligami itu sunnah. Apa dasarnya, kalo poligami sunnah lalu kenapa Ali bin Abi Tholib dilarang Nabi untuk berpoligami?

Bersikap arif dengan segala kondisi dan keadaan yang sedang kacau dan semakin menggerogoti nilai-nilai diri iita sebagai manusia adalah tindakan yang patut diacungi jempol. Bukan hanya itu kita akan menjadi manusia yang bener-bener manusia. Manusia yang penuh dengan kemanusiaan yang dipunyainya. Manusia yang tidak memanfaatkan orang lain demi kepentingannya sendiri. Manusia yang tidak dengan sembarangan memakai ayat-ayat suci yang konon kabarnya dari Tuhan demi kepentingan pribadi atau golongannya. Manusia yang tetap takut ketika berhadapan dengan Penciptanya.

Posted in mmm. 2 Comments »

2 Responses to “What a Sexy?”

  1. ichsan231 Says:

    Wah menarik juga, kalo pria tertarik secara visual, tapi wanita tertarik secara moral, wah wah tapi banyak tuh wanita mengejek pria baik-baik tapi miskin dan sederhana….untuk sekedar wacana bisalah

    dimensi5 : pada tulisan di atas merupakan gambaran sifat dasar om. dasarnya kalo wanita itu benar-benar membutuhkan seseorang yang bermoral baik, wanita ngga akan rela kalo pasangannya berselingkuh ato melakukan tindakan memalukan lainnya. apalagi ditambah dengan ketampanan n kekayaan, wah nambah lengket tuh wanita. pada dasarnya wanita itu melihat kesan yang berkesan dari pria yang menjadi idamannya.

  2. fika Says:

    standart wanita itu menyukai pria yang agak-agak. agak tampan, kecukupan, agak tinggi dan agak baik. begitcu………….. standart pria juga sama. butuh wanita yang agak pinter dan agak cantik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: