Ngantuk !

Ngantuk merupakan hal yang manusiawi dialami oleh individu. Saking alaminya hampir tiap hari kita diserang rasa ngantuk ini. Ngantuk merupakan kondisi dimana kita berada dalam kondisi antara, kondisi bangun dan tidak bangun. Dalam kondisi seperti ini bisa dikatakan kita tidak bergairah dalam melakukan sesuatu. Ketika kita ngantuk adakalanya mengkesampingkan kondisi sekitar kita, entah dalam keadaan yang bagaimanapun, di bus ataupun di kreta, kalo memang sudah dalam posisi ngantuk maka sebentar lagi kita akan terlelap tidur.

Tapi tunggu dulu, belum tentu ketika kita sedang terserang rasa ngantuk trus bisa terlelap tidur. Adakalanya rasa ngantuk itu mengganggu kita, atau bahkan sangat susah untuk dihilangkan. Misalnya ketika kondisi kita lagi belajar atau bekerja, wah sungguh mengganggu peristiwa ngantuk yang demikian. Perkara ini hendaknya dapat kita maklumi bersama bahwa salah satu obat manjur ketika kita sedang ngantuk adalah dengan merebahkan badan dan tidur.

Ada satu hal yang diwaspadai berkaitan dengan tradisi ngantuk ini. Bagaimana halnya dengan pikiran ato kesadaran anda sedang mengalami ngantuk. Ya rasa ngantuk yang tak tertahankan pada pikiran anda. Anda merasakan anda sudah sangat lelah untuk bepikir, bahkan anda sudah tidak kuat lagi dengan pikiran anda. Anda merasakan ngantuk yang sangat luar biasa hebatnya. Celakanya apabila pikiran anda jadi tertidur, kesadaran anda tertidur. Kalo sudah demikian keadaannya maka yang namanya kebenaran pun seakan hilang ditelan kesadaran kita sendiri.

Kondisi dimana pikiran kita dalam keadaan mengantuk adalah, kita sudah tidak peka lagi terhadap permasalahan di sekitar kita. Kemiskinan dan ketidakadilan yang muncul dihadapan kita pun tidak membuat kita bergeming, kita bahkan ridak merasa jijik atao muak dengan pengemis yang tiap hari bersliweran dihadapan kita. Persoalan anak jalanan yang kadang mengganggu perjalanan pun sudah dianggap sebagai pemandangan yang biasa. Kemanakah kesadaran penuh mata batin kita.

Kita harus segera bangun dari rasa ngantuk pikiran kita. Kita harus segera membiasakan diri untuk lebih peka terhadap permasalahan hidup di dalam masyarakat. Keberadaan kita di dunia ini bukan hanya sekedar sebagai diri kita, akan tetapi kita hidup di dunia ini adalah sebagai bagian dari keseluruhan ummat manusia. Jadi apapun yang manimpa manusia lain hendaknya menjadikan pemikiran dan keprihatinan kita bersama, yang selanjutnya diimplementasikan dalam usaha kita untuk menolong manusia lain yang membutuhkan pertolongan kita.

Tanpa ada kesadaran yang kuat memang susah untuk dapat berbuat sesuai dengankeadaran. Ego pribadi yang terlalu banyak memang dapat membuat perut kesadaran pribadi menjadi penuh, yang pada akhirnya dapat memicu ngantuk dalam pikiran kita. Yang pada gilirannya nanti dapat menidurkan pikiran kita. Kita sebagai generasi muda hendaknya aktif mencari dan berusaha. Mencari pegangan hidup yang lebih kokoh adalah mutlak dan perlu. Berusaha untuk tetap bertahan di tengah himpitan beban hidup adalah mutlak diperlukan juga untuk menyokong kehidupan kita dikemudian hari.

Tapi yang jelas kita perlu mempertajam pikiran kita, kita perlu mengasah rasa kepekaan dalam batin kita sebagai bagian dari ummat manusia untuk dapat menolong orang lain yang mengalami kesulitan hidup. Dengan kondisi apapun kita berusaha untuk menolong sekuat dan semampu kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: