Terlambat !

Persoalan ini merupakan hal yang akan mencerminkan diri kita, apakah kita layak untuk dapat diandalkan atau tidak. Meskipun hanya beberapa detik, yang dinamakan terlambat adalah suatu hal yang sangat mengganggu orang lain. Meski beberapa detik, kegiatan menunggu merupakan pekerjaan yang sangat membosankan. Pada kasus tertentu, keterlambatan seseorang bisa menyebabkan berkurangnya konsentrasi serta lunturnya persiapan bahan yang akan disampaikan.

Coba bayangkan, bagaimana kalo kasusnya terlambat beberapa jam! Keterlambatan yang demikian mampu memutar persepsi seseorang hingga 180 derajad. Sungguh kasihan keduanya, baik yang terlambat datang maupun yang menunggu. Kasihan bagi yang terlambat datang karena mendapat persepsi yang mungkin negatif dari pihak yang merasa menunggu. Sementara yang menunggu kasihan sekali dia karena telah membuang waktu yang mungkin bisa dia pakai untuk hal lain yang bermanfaat.

Terlambat datang merupakan persoalan yang terjadi hampir dalam setiap kehidupan kita dewasa ini. Mulai dari jadwal kereta yang terlambat datang, yang pada gilirannya membuat jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta yang lain juga ikut terlambat. Persoalan ini berimbas pada kekecewaan pelanggan kereta yang menggantungkan perjalanannya pada bantuan alat tranportasi yang mempunyai jalur rel besi tersebut.

Keterlambatan juga agaknya telah melanda para pengambil kebijakan di negeri ini dalam mengatasi berbagai masalah di tanah air yang nota bene kaya raya ini. Keterlambatan dalam penanganan sumber daya alam yang terbilang melimpah ternyata telah memancing negara tetangga untuk mengekploitasi sumber daya alam yang dimiliki bangsa ini dengan cara apapun, baik itu legal maupun ilegal.

Keterlambatan dalam mengatasi maslah sumber daya manusia di negeri ini berdampak pada makin mlaratnya sejumlah besar rakyat di negeri ini, ditambah pula dengan terpuruknya moral generasi muda akhir-akhir ini. Dampak yang lebih luas ternyata terletak pada semakin cueknya para generasi muda dengan berbagai persoalan yang menimpa bangsa dan negara ini. Para generasi muda seperti tercuci otaknya dengan permasalahan yang menimpa masyarakat.

Kesadaran untuk dapat berbuat lebih, dalam artian mempunyai daya kreatif dalam mengatsi persoalan negeri ini. Paling tidak niat untuk saling tolong menolong dalam kehidupan bermasyarakat kurang terbangun di rea yang penuh dengan kompetisi ini. Apalagi kegiatan nyata dalam kaitannya dengan saling menolong ini.

Sebagai generasi muda mari kita bangun, mari kita mulai bergerak. Lakukan kegiatan yang bernilai positif, jangan sampai kita sebagai generasi muda malah menjadi duri dalam daging bangsa ini. Kita harus berbuat sekreatif mungkin. Dimanapun dan kapanpun kita harus mampu melahirkan karya nyata yang akan kita persembahkan bagi kehidupan ini. Kita harus buktikan itu.

2 Responses to “Terlambat !”

  1. ichsan231 Says:

    Yah mari kita berkarya untuk bangsa niat lurus, berbuat tulus….

  2. wuryan Says:

    Mulailah dari diri kita sendiri, agar selalu berusaha tidak terlambat dan konsisten pada janji


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: