Makaryo !

Istilah bekerja dalam bahasa jawa adalah “nyambut gawe”, yang mempunyai arti dalam bahasa Indonesia meminjam membuat. Nyambut itu artinya meminjam sedangkan gawe itu membuat. Namun nyambut gawe dapat kita maknakan sebagai kegiatan yang menghasilkan sesuatu, dalam hal ini diwakili kata membuat. Dalam istilah membuat pasti ada sesuatu yang dihasilkan, entah itu baik atau tidak baik. Misalnya membuat kerajinan tangan atau barang berguna lainnya yang membawa manfaat bagi pembuatnya maupun bagi penggunanya.

Kegiatan lainnya misalnya membuat pengelolaan pada sebidang sawah, sehingga tanah yang mungkin dulunya kurang subur bisa menajdi subur yang pada akhirnya bisa ditanami dengan tanaman padi maupun tanaman pangan lainnya. Itu merupakan contoh kegiatan membuat yang memberikan dampak positif.

Demikian juga dengan kegiatan membuat lainnya yang memberi dampak negatif. Membuat pengelolaan minyak goring dari minyak goreng bekas merupakan salah satu contoh pekerjaan yang memberi dampak negatif. Tanpa disadari oleh pembuatnya, ternyata hasil kegiatan yang dibuatnya telah mencelakakan bagi pengguna barang hasil olahannya. Pengguna minyak goreng bekas yang menurut penggunanya masih baru (karena tidak kelihatan bekas) ternyata mampu menyebabkan kanker dalam dirinya, serta penyakit aneh lainnya.

Ternyata istilah pekerjaan dalam artian luas memberikan arti yang bisa negatif dan positif. Namun ada istilah jawa yang terkait dengan istilah pekerjaan ini, yaitu “makaryo”. Jika kita melihat artinya dari istilah makaryo ini adalah berkarya. Ada sebuah karya yang disumbangkan dari segala aktivitas keseharian kita selama ini. Makaryo yang diharapkan tentunya adalah sesuatu yang positif. Hasil karya yang dapat dinikmati bersama baik oleh penghasil karya maupun penggunanya.

Berkarya adalah sesuatu yang dapat dikatakan sebagai kegiatan yang menghasilkan nilai tersendiri dalam kehidupan seseorang. Suatu karya yang dapat menetapkan jati diri seseorang sebagai salah satu pemain dalam kehidupan di dunia ini. Dengan berkarya seorang ayah dapat mengayomi anggota keluarganya untuk dapat terus melangsungkan hidup di kehidupan dunia yang penuh dengan carut marutnya.

Dengan berkarya seseorang mempunyai cita-cita untuk meraih impian yang lebih baik. Seseorang dapat merasakan betapa berharganya kehidupan mereka di dunia ini. Dalam aktivitas selanjutnya mereka mampu merasakan bahwa karya yang mereka sumbangkan dalam mengisi kehidupan ini adalah karya yang mempunyai keterkaitan antara individu satu dengan yang lainnya, bahkan antar suku atau kelompok masyarakat bahkan antar Negara sekalipun. hal ini membuktikan bahwa manusia satu dengan yang lainnya saling membutuhkan.

Tidak ada manusia yang sanggup hidup sendiri di dunia ini. Setiap manusia saling memerlukan manusia lain. Bahkan hanya untuk dapat minum air pun, kita memerlukan bantuan seseorang yang menggali tanah untuk menenmukan sumber air di dalam tanah. Belum lagi kita memerlukan bantuan tukang pembuat timba atau pabrik pembuat mesin pompoa air, dimana pabrik itu tentunya mempunyai banyak pegawai. Untuk memasak air pun kita membutuhkan tukang kompor yang membuat kompor, tukang minyak yang menjual minyak bahkan tukang panic atau ceret yang membuatnya. Ketika kita mau minum kita butuh cangkir atau gelas yang tentunya ada yang membuatnya.

Kalo kita perhatikan nggak ada kegiatan didunia ini yang tidak melibatkan orang lain. Oleh akrena itu dengan sesama manusia hendaknya kita tidak saling caci maki atau saling bermusuhan. Hendaknya kita bisa saling tolong menolong, tentunya dalam hal yang positif. Hendaknya kita dapat berkarya dalam kehidupan dunia ini dengan karya yang dapat memberikan manfaat positif bagi sesama. Bukan karya yang memberikan kesengsaraan bagi pihak lain. Kita harus berusaha untuk mewujudkannya.

Posted in Sosial. 1 Comment »

One Response to “Makaryo !”

  1. ichsan231 Says:

    Agar bermakna ibadah dan tidak menyesatkan awali dengan Bismillahirrahman Ar-Rahim…………………………sebelum makaryo


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: