Kebijakan


Bagaimana rasanya kalo anda dipimpin oleh seseorang yang tidak bisa menjelaskan tentang maksud sang pemimpin. Bagaimana rasanya bila anda menemui gaya kepemimpinan yang justru membingungkan anda sendiri. Bagaimana rasanya dipimpin oleh seorang yang membuat hidup anda menjadi tidak bebas, anda merasa seperti ada yang memarahi anda ketika anda membuat kesalahan, meskipun kesalahan kecil. Anda merasa kurang bebas dalam mengekspresikan diri anda. Kondisi yang berlawanan dengan semangat tujuan sebuah organisasi akan menjadi sangat kacau balau apabila memiliki tipe pemimpin yang demikian.

Sebuah arahan dan bimbingan dari seorang pemimpin memang sangat diperlukan untuk merangsang kreatifitas dan semangat anak buah yang dipimpinnya. Teguran dan penghargaan juga sangat diperlukan untuk menumbuhkembangkan daya inovasi yang mendorong anak buah berkreasi sejauh mungkin. Dorongan dan perlindungan juga diperlukan dalam memberikan rasa nyaman kepada anak buah ketika beraktifitas.

Seorang pemimpin seharusnya mampu bersikap bijak dalam menghadapi setiap tingkah laku para anak buahnya. Dengan sikap bijak tersebut tentunya akan dapat melihat sisi lain dari potensi yang dimiliki anak buah. Bukan bersikap tutup mata yang akan mematikan potensi anak buah, pada gilirannya nanti akan menghambat laju organisasi ke arah yang lebih baik. Dampaknya yang kena tentu juga kepada sang pemimpin, apakah organisasi itu baik atau buruk.

Lalu bagaimana kalo organisasi itu berwujud negara. Wujud negara yang lebih kompleks ternyata mempunyai banyak komponen yang kalo kita runut memiliki keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lain. Baik komponen yang bersifat struktural maupun komponen profesional. Komponen yang bersifat struktural misalnya, bagaimana kebijakan presiden mempengaruhi pola kerja para menteri dan secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kehidupan masyarakat umum secara luas.

Kemudian komponen profesional adalah bagaimana seseorang yang mempunyai profesi atau bidang usaha tertentu memberikan pengaruh yang tidak sedikit bagi individu lainnya. Bagaimana seorang petani mampu memberikan kebutuhan akan beras kepada individu lainnya. Bagaimana seorang guru mampu mencerdaskan seseorang sehingga ada yang mampu menduduki komponen struktural macam presiden.

Dengan adanya pemahaman keterhubungan antar komponen ini hendaknya seseorang yang duduk pada pucuk pimpinan mampu bersikap bijak dalam setiap tindakan. Bijak di sini boleh diartikan mampu mengambil jalan tengah di antara dua pilihan sulit, mampu menerima kesalahan dari komponen lain serta mampu memberikan solusi dari setiap permasalahn yang dihadapi.

Hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah bijak untuk mengayomi dan memberikan kenyamanan bagi yang dipimpinnya. Bukan malah menyebarkan teror ketakutan atau malah menyebarkan ancaman bagi yang dipimpinnya. Kebijakan seorang pemimpin mutlak diperlukan, kehangatan seorang pemimpin juga mutlak diperlukan ditengah badai ketidakpastian dan ketertinggalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: