hmmm …

Masih ingat akhir Januari /awal Februari 2007 banjir di Jakarta? Namun tahun 2007 dan 2008 tidak dengan mudah begitu saja kita persamakan kondisinya nantinya. Meskipun hujan sudah mulai turun lagi, mungkinkah kita perlu waspada terhadap kemungkinan banjir yang mungkin bakal terjadi lagi di Jakarta. Setelah beberapa waktu sebelumnya di pesisir utara Jakarta dihebohkan dengan adanya rob, banjir akibat air pasang.

Banjir adalah fenomena alam, dimana kondisi air yang datang tidak mampu disalurkan secara sempurna oleh sejumlah sungai yang ada. Bahkan sungai yang ada cenderung meluap akibat tidak mampu menampung sejumlah air yang melalui sungai tersebut.

Ancaman banjir hendaknya tidak menjadi sosok yang menakutkan, atau hendaknya tidak menjadi hal yang mengerikan, asalkan kita mengerti dan peduli terhadap segala kemungkinan yang dapat menjadi penyebab banjir. Tentunya kedewasaan masyarakat dalam menghadapi ancaman banjir sangat diperlukan guna mempermudah penanganan banjir tersebut. Akan tetapi, memang masyarakat mengerti akan bahaya dari buang sampah sembarangan, atau bahayanya dari hidup di sekitar bantaran sungai, akan tetapi rupannya tuntutan hiduplah yang terpaksa menjadikan mereka berbuat dan menghuni daerah tersebut.

Agaknya perlu diadakan penataan tata pemukiman yang lebih baik lagi. Kondisi sosioekonomi masyarakat harus segera diperbaiki. Kondisi kesadaran masyarakat hendaknya juga dibangun guna menunjang perbaikan pembangunan pemukiman di Jakarta ini yang notabene penghuninya berasal dari luar Jakarta. Pembenahan daerah kumuh perlu dilakukan dengan tegas, wilayah yang sudah sangat padat penduduknya hendaknya dapat dibenahi, karena terkait dengan kesehatan lingkungan wilayah tersebut.

Tentunya tidak mudah menata wilayah yang demikian luas, diperlukan biasa dan Sumber Daya Manusia yang tidak sedikit. Selain itu juga diperlukan teknik yang baik guna mendorong masyarakat untuk dapat mengikuti anjuran untuk dapat hidup dalam lingkungan yang layak. Dalam hal ini juga diperlukan dukungan pihak terkait terhadap sarana dan prasarana pendukungnya. Semoga kita tidak akan menemui lagi daerah kumuh yang tersebar di Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: