Mentari

mentariSang mentari yang bersinar setiap harinya telah menimbulkan perubahan cuaca yang tidak terkira. Sungguh luar biasa pengaruh sinar mentari yang sampai di bumi. Kekuatan sinar yang jarak sumbernya sangat jauh dari bumi kalo dengan hitungan kilometer bisa mencapai 150 juta kilometer tersebut bisa mempengaruhi iklim di bumi. Kenyataannya seluruh perikehidupan di bumi dipengaruhi oleh cahasa matahari.

Terlepas dari peranan cahaya matahari yang menyinari bumi tiap harinya, ada hal lain yang bisa kita ambil pelajaran. Yaitu, betapapun jauh jaraknya matahari dengan bumi namun matahari tetap memberikan manfaat yang nyata di bumi. Dan ada kalanya cahaya matahari juga dipersalahkan dengan alasan yang sering kurang masuk akal, misalnya cahayanya yang terlalu panas ataupun pemanasan yang tidak merata membuat peredaran cuaca susah untuk diprediksi.

Hendaknya kita memahami bahwa kapasitas dan fungsi matahari yang sedemikian itu telah dilakoninya dan telah memberikan efek yang sedemikian bagi bumi hendaknya dipahami secara nyata. Pemahaman tentang energi yang dipancarkan oleh matahari yang mempengaruhi iklim di bumi yang tentunya juga mempengaruhi penghuninya hendaknya mampu member kedewasaan bagi ummat manusia di bumi ini. Matahari telah memberikan manfaat nyata terhadap perubahan suhu maupun iklim lainnya di bumi, matahari juga tida merasa mendapatkan manfaat balik dari yang dilakoninya selama ini dari planet yang bernama bumi ataupun manfaat dari penghuni planet bumi ini.

Inilah pelajaran yang hendaknya dipahami oleh kita bersama. Yaitu hendaknya kita dapat menjadi manfaat bagi yang lain. Entah yang lain itu memberikan manfaat balik lagi ke kita ato tidak tapi yang jelas kita bisa bermanfaat bagi yang lain. Tampaknya prinsip hidup yang demikian jarang diperdengarkan di kancah keilmuan kita. Dalam dunia pemahaman kita ternyata ada pemahaman jual beli, apa yang kita keluarkan apa yang kita dapat. Demikianlah bumi pemahaman yang telah mencerabut akar tolong-menolong dalam kehidupan kita selama ini. Akar tolong-menolong yang seharusnya mampu menghindarkan yang namanya perbedaan antara yang kaya dan yang miskin musnah sudah oleh adanya ego kepemilikan yang sedemikian kuat.

Benarkah ego kepemilikan kita sedemikian kuat, sehingga untuk merogoh kantong bagi saudara kita yang menderita kekuranganpun sangat berat untuk mengeluarkannya? Apakah kita tergolong orang yang susah untuk berbuat baik terhadap sudara kandung kita sendiri. Saudara kandung aja kita susah untuk berbuat baik apalagi jika kita diminta untuk berbuat baik pada orang lain yang samasekali tidak kita kenal.

Bukankah hidup ini kita bersama orang lain. Bukankah hidup ini kita bersama orang lain. Bukankah hidup ini kita membutuhkan pertolongan orang lain. Lalu kenapa kita tiak mau menolong orang lain yang memang membutuhkannya. Apakah kita merasa sebagai orang yang amat sakti dan kuat sehingga seolah-olah tanpa pertolongan orang lainpun kita mampu berbuat sesuatu?

Coba bayangkan, untuk urusan cukur rambut, tanpa bantuan orang lain apakah kita mampu mencukur rambut kita dengan rapi. Atau coba dahulu pas waktu kita lahir, apakah tanpa pertolongan orang-orang yang membantu proses persalinan dan juga tanpa perawatan dari orang tua kita beserta oaring terdekat kita, kita akan bertahan hidup sampai sekarang. Apakah kita mengingkari kemampuan diri kita.

Alangkah sombongnya apabila manusia ammpu mengatasi masalahnya sendirian. Alangkah bodohnya manusia yang seolah-olah dia berkuasa, padahal kebutuhan hidup tiap harinya dipenuhi oleh pembantunya yang setiap hari menyiapkan makan maupun keperluan hidup setiap harinya. Alangkah kerdilnya kita hidup di dunia ini. Lalu masih pantaskah kita berlaku sombong?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: