pilihan

Dalam hidup ini tak jarang kita dihadapkan pada pilihan-pilihan hidup. Pilihan hidup yang terkadang bisa membuat sang pemilihnya bisa pusing kepala bahkan jadi stress. Sebuah pilihan berat terhadap sesuatu emang membutuhkan pertimbangan yang masak dan matang. Apalagi terkait dengan kehidupan serta masa depan.

Ada seorang temen yang bertanya tentang apa yang harus diperbuatnya dengan pilihan yang harus dia jalani. Temen saya ini mempunyai masalah terkait dengan kenyamanan di tempat kerjanya. Ditempat kerjanya yang sekarang dia merasa kurang bisa berkembang. Dia merasa melakukan sesuatu yang bukan bidangnya. Selama ini dia bekerja seolah-olah seperti robot. Hati nuraninya tidak rela dengan yang dilakukannya. Setiap angka atau tulisan yang dia ketikkan menurut dia mengandung nilai-nilai kebohongan yang bagi dia sangat tidak nyaman.

Temen saya ini menginginkan hengkang dari tempatnya sekarang bekerja. Dia menginginkan tempat bekerja yang nyaman, tidak penuh dengan tekanan dan manipulasi. Dia ingin kerja dilapangan atau tempat lain yang tidak merekayasa dalam aktivitas pekerjaannya. Dia merasa sudah sangat bosan dengan keseharian yang dia alami selama ini. Dia merasa sangat gusar, bingung dan entah apalagi yang dia rasakan.

Kehidupan yang temen saya pilih dengan jalan yang sudah dia tempuh ternyata dihadapkan pada suatu persoalan yang tidak dengan begitu saja mudah diatasi dengan mudahnya. Persoalan hidup yang menghimpitnya itu membuatnya punya keinginan untuk pindah dari tempat kerjanya sekarang ini. Ketika ditanya hal yang demikian, saya cuma menjawab bahwa yang namanya pilihan itu membawa konsekuensi akibat dari pilihannya. Kalo pilih untuk tetap tidak pindah dari pekerjaan yang sekarang akan membawa efek bagi kamu, yang ngrasain juga kamu. Juga kalo kamu pilih untuk pindah dari zona tempat bekerja kamu sekarangpun akan membawa efek lain yang harus kamu tanggung juga.

Nah untuk dapat menguatkan hati terhadap pilihan-pilihan tersebut, setelah menetapkan pada salah satu pilihan (tentunya dengan tetap minta petunjukNya), maka serahkan semuanya pada Allah swt. Meskipun setelah itu mungkin saja akan timbul penyesalan, rasa menyesal tersebut jangan dilebih-lebihkan apalagi sampai menyalahkan diri sendiri. Jalani saja hidup yang kamu pilih tersebut, berusaha nikmati dan camkan pelajaran yang kamu dapat dari akibat pilihanmu tersebut.

Hidup emang banyak pilihan dan penuh dengan gidaan. Hanya orang yang selalu minta petunjukNya dan tetap menyerahkan segala sesuatunya pada Allahlah tergolong orang yang diberi ketenangan hati. Ketenangan hati inilah yang akan membawa dia menuju ke pinyu kebahagiaan hidup. Insyaallah.

Posted in ghoib. 1 Comment »

One Response to “pilihan”

  1. MBAH DIPO Says:

    Qod aflaha man zakkaahaa Wa qod khooba man dassahaa….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: