pemberontak

Pagi ini ada berita menarik di detik.com, Presiden Timor Timur Jose Ramos Horta telah ditembak bagian perutnya oleh pemberontak. Penembakan itu terjadi ketika dua mobil berisikan pasukan bersenjata melintasi rumah Horta sebelum fajar menyingsing. Lalu mereka mulai menembaki rumah peraih Nobel Perdamaian itu.

Dalam peristiwa penembakan tersebut, Horta terluka parah. Suasana Dili pun penuh ketegangan. Pemerintah RI lewat Deplu merasa kesulitan untuk menghubungi KBRI di Timor-Timur. Ternyata Xanana Gusmao pun ikut diserang, namun serangan ini gagal total. Dalam hal ini Fretilin mengecam seranagan ke Horta.

Hal yang patut kita cermati dari fenomena tersebut adalah, kenapa ada yang menembak, kenapa ada pemberontak lalu kenapa dilakukan pagi buta. Kalo kita menanyakan kenapa ada yang menembak, tentunya jawabannya karena adanya sasaran tembak. Nah sasaran tembak itu ada karena sebelumnya ada niatan dari sang penembak. Dalam kasus ini sang penembak adalah pemberontak atau mungkin istilahnya dianggap pemberontak (karena dalam pemikiran si pemberontak mungkin akan sangat berbeda pemahamannya). Pemberontak ini dianggap sebagai pelaku penembakan tersebut, tentunya pemberontak punya seribu alasan kenapa mereka menembak. Seperti juga seorang pemburu burung tentunya punya alasan kenapa sang pemburu menembak burung. Mungkin untuk dijadikan makanan, mungkin juga untuk dijadikan peliharaan mungkin saja untuk dijadiin kesenangan atau hobby saja.

Demikian juga dengan pemberontak yang menembak tersebut. Alasan yang mereka punya mungkin lebih menggerakkan mereka kenapa harus menembak segala. Trus kenapa dilakukan dipagi buta, mungkin ini adalah salah satu strategi pemberontak untuk menunjang keberhasilan kegiatan menembak mereka, hal ini dilihat dari ketepatan mereka dalam mengenai sasaran. Ini menarik ketika melihat alasan kenapa pemberontak itu menembak. Biasanya dalam suasana tertentu di Timur Tengah misalnya atau di daerah konflik lainnya kalo ada peristiwa demikian biasanya ada pernyataan press yang menyatakan dari kelompok yang merasa bertanggung jawab akan adanya kejadian tersebut. Biasanya kelompok ini bermusuhan dengan kelompok yang jadi korban.

Melihat fenomena pemberontak ini pada jaman penjajah dulu juga ada istilah pemberontak yang dilontarkan oleh para penjajah belanda. Namun pemberontak pada jaman penjajah belanda dulu mempunyai niat mulia, yaitu Indonesia Merdeka. Pada masa itu pemberontak merasa ada yang janggal dengan penjajah belanda, Belanda selama ini dianggap menipu dan menguras kekayaan bangsa untuk dibawa ke negerinya sana. Lalu muncul pemberontakan dimana-mana yang menyatakan ketidakpuasan. Namun istilah pemberontak oleh Belanda ini, diganti oleh Pemerintah RI menjadi Pahlawan. Sungguh istilah yang sangat bertentangan artinya, namun melekat pada diri yang sama.

Pemberontakan muncul emang kalo ada sesuatu yang salah dalam sistem. Dahulu masa-masa awal kemerdekaan juga muncul pemberontakan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia sendiri terhadap Pemerintah sah RI. meskipun mampu diredaka, ada luka lama yang mungkin tidak dapat terobati dari pihak-pihak yang merasa dirugikan. Pemberontak adalah istilah yang mungkin terdengar negatif ditelinga kita selama ini. Namun ada hal lain dari kata pemberontak, yakni adakah ruang dialog antara pemberontak dan yang diberontaki. Adakah kesepakatan atau pembicaraan bersama untuk menjembatani antara jurang yang terlalu dalam diantara keduanya.

Pemberontak adalah simbol perubahan yang mungkin terhenti diluar pintu gerbang penguasa saat ini. Pemberontak adalah simbol kekuatan yang tertimbun dalam tanah, yang suatu saat mungkin akan muncul dalam bentuknya yang lain. Pun pemberontak menjadi ancaman yang serius bagi kedaulatan sebuah kekuatan negara yang lagi berbenah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: