Buffalo Soldier

Film ini mengambil setting masa Jerman Barat dan Jerman Timur masih terpisah dengan tembok Berlin. Film ini bercerita tentang bagaimana perilaku sebagian prajurit Amerika yang ditugaskan di sana. Tokoh utama dari cerita dalam film ini adalah Elwood, seorang prajurit yang bertugas sebagai sekretaris batalyon. Dalam pandangan Elwood, bagi seorang prajurit perang atau tidak ada perang selalu ada cara untuk mengisi kehidupan dari hari-hari yang prajurit jalani selama ini. Apakah mengisi waktu luang ketika tidak ada perang dengan bertanding baseball maupun ketika ada perang maka mengikuti kegiatan perang tersebut dengan tetap tunduk dan patuh pada sang komandan.

Dalam cerita ini Elwood adalah seorang spesialis, tugas Elwood adalah merencanakan kebutuhan batalyonnya. Dan dengan kewenangan yang dimilikinya Elwood sering memarkup permintaan barang kebutuhan batalyonnya, kayak macam cairan pembersih lantai Elwood bisa memesan 1000 galon cairan pembersih. Dari 1000 galon yang dia minta, yang 500 galon dia jual ke pembeli yang sebelumnya Elwood telah kenal.

Selain itu, keahlian Elwood adalah memasak morfin. Morfin yang sebelumnya masih mentah, oleh Elwood dan beberapa temannya dimasak kemudian dijual ke para penggunanya oleh sersan atasannya. Dari hasil kegiatannya inilah Elwood dan beberapa temennya mampu membeli sesuatu yang prajurit lain tidak mampu membelinya. Bahkan Elwood mempunyai mobil model baru pada saat itu sudah cukup mewah bagi seorang prajurit.

Namun perilaku Elwood ini rupanya terendus oleh atasannya. Elwood tanpa diberitahu sebelumnya ternyata mempunyai atasan baru yang berpangkat sersan. Tanpa disadari Elwood ternyata orang baru yang masuk ke batalyonnya dan tidur satu kamar dengannya adalah seorang kolonel yang ditugaskan untuk memata-matai gerak gerik Elwood. Tanpa disadari Elwood kejadian itupun terjadi dimana Elwood dan temen-temennya tertangkap basah baru memasak morfin, maka puluhan tentara menyerang mereka dan terjadi aksi tembak menembak secara serius. Sedangkan Elwood tertangkap basah sedang berduaan dengan seorang putri dari sersan Elwood yang baru tersebut. Dan akhirnya Elwood baru sadar bahwa teman satu kamarnya selama ini adalah seorang kolonel yang ditugaskan untuk menyelidiki perilaku menyimpang dari beberapa prajurit yang ditugaskan.

Dari cerita tersebut dapat kita tarik simpul pelajaran yang mungkin sangat berharga, bahwa mental prajurit yangtidak dibekali dan tidak ada pengawasan yang melekat akan sangat rentan dengan perilaku negatif. Perilaku markup yang tanpa disadari oleh atasan akan sangat merugikan kesatuan itu sendiri.

Melirik pada negara kita Indonesia, selama ini tanpa kita sadari bahwa kerugian yang selama ini diderita oleh negara ternyata salah satunya berasal dari perilaku markup pegawainya. Ribuan pegawai yang ada di Indonesia kalau seandainya melakukan perilaku yang demikian mau dibawa kemana negeri ini. Lalu bagaimana kita akan mampu mengentaskan kemiskinan kalau dana yang layaknya akan dipakai buat kemaslahatan masyarakat ternyata digerogoti oleh pegawai curang yang kian lihai dengan permainannnya.

Adalah sungguh mengenaskan akhlak pegawai pemerintahan kita apabila perilaku yang nyata-nyata sangat bertentangan dengan nilai luhur cita-cita para pendiri negara ini hanya karena keegoisan semata. Perilaku yang didorong oleh ambisi pribadi semata tanpa melihat kiri kanan. Sungguh memalukan para pegawai lain yang mungkin tidak melakukan perbuatan yang demikian. Wahai para koruptor sadarlah, dan bertobatlah. Lalu kembalikan kekayaan yang bukan menjadi hakmu!

Posted in Film. 1 Comment »

One Response to “Buffalo Soldier”

  1. Elly Says:

    Hmmm…film lagi ya?padahal gaji suamiku hampir tiap bulan disunat,dan itu terjadi pada hampir setiap karyawan PTPN kaligua.gaji guru kejar paket juga selalu disunat,mulai dari kabupaten,kecamatan sampe PLS akibatnya siswa hanya kebagian amat sgt sedikit


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: