Siklus Matahari

Setiap sebelas tahun matahari kita mengalami siklus matahari. Gambar di atas merupakan siklus matahari secara lengkap yang telah digambarkan oleh pesawat ruang angkasa SOHO yang mengorbit matahari. Siklus matahari disebabkan oleh perubahan medan magnet matahari, dan bervariasi dari maksimum matahari ketika terjadi sunspot (bintik matahari), pelemparan massa korona dan fenomena flare (lidah api) yang lebih sering, daripada minimum matahari ketika aktivitas tersebut relatif tidak sering terjadi. Minimum matahari terjadi pada 1996 dan 2007, sedangkan maksimum matahari terjadi pada 2001. Gambar di atas dibuat dari citra SOHO pada matahari dalam cahaya iltraviolet ekstrim tiap tahun. Menurut tante wiki, siklus matahari atau siklus aktivitas magnet matahari adalah sumber utama dari variasi periodik matahari yang menggerakkan berbagai variasi dalam cuaca angkasa. Siklus ini diamati dengan menghitung frekuensi dan tempat terlihat sunspot pada matahari. Proses dinamo hidromagnetik yang digerakkan oleh aksi induksi dari aliran internal matahari.

Kita semua tentunya mengenal dengan apa yang disebut medan magnet, dari magnet yang ada pada pintu kulkas sampai pada bumi. Sebagai contoh jika kita menggunakan kompas ternyata kita menggunakan medan magnet bumi untuk mencari arah. We are all familiar with magnetic fields, from the magnets on your refrigerator door to the Earth itself. For example, if you have ever used a compass you are using the Earth’s magnetic field to find direction. Kenyataannya bumi dapat dianggap sebagai magnet yang sangat besar.

Seperti bumi, matahari juga mempunyai medan magnet. Akan tetapi medan magnet pada matahari jauh lebih rumit. SOHO kepanjangannya Solar & Heliospheric Observatory merupakan suatu proyek kerjasama internasional antara ESA (European Space Agency) dan NASA untuk meneliti matahari dari kedalaman inti matahari sampai korona terluar dan angin matahari, diluncurkan 2 Desember 1995. Pesawat ruang angkasa SOHO dibuat pada 2 Desember 1995. Pesawat luar angkasa SOHO dibangun di Eropa oleh tim industri yang dipimpin kontraktor utama Matra Marconi Space (sekarang EADS Astrium) dibawah pengelolaan ESA.

Sumber :

http://en.wikipedia.org

http://sohowww.nascom.nasa.gov

http://solar.physics.montana.edu/YPOP/Spotlight/Magnetic/what.html

Posted in ilmu. Tags: . Leave a Comment »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: