Pemimpin

Sosok pemimpin merupakan sosok yang boleh dibilang mumpuni dalam mengatasi masalah yang mungkin muncul dari orang yang dipimpinnya. Terkadang seorang pemimpin dihadapkan pada suatu pokok masalah yang menguras semua pikiran maupun waktunya bahkan mungkin tenaga dan hartanya, itu menjadi wajar jika dia memang seorang pemimpin yang benar-benar bertanggungjawab.

Menjadi seorang pemimpin bukanlah pekerjaan yang gampang, namun bukan berarti merupakan pekerjaan berat yang kemudian harus ditinggalkan. Dalam suatu kelompok atau himpunan tentunya memerlukan seorang pemimpin yang mempunyai tugas untuk menyatukan visi maupun visi dalam kelompok tersebut. Seorang pemimpin juga harus menjadi pengayom dan pihak penengah dalam kelompoknya tersebut.

Masalahnya sekarang adalah, bagaimana kriteria seorang pemimpin yang ideal tersebut. Ditengah-tengah krisis kepercayaan dalam suatu kelompok yang membutuhkan seorang pemimpin yang benar-benar bertanggungjawab adalah wajar bila masalah kriteria ini muncul. Alasannya mungkin pemimpin yang sebelumnya telah mengecewakan beberapa, atau sebagian anggota kelompok. Bisa juga ada ketidakpuasan dari anggota yang dipimpinnya, bisa juga karena tidak ada pengganti yang layak atau paling tidak setara dengan pemimpin sebelumnya.

Untuk itu kita perlu melihat diri kita sendiri, siapakah sih saya, sudah berbuat apakah saya selama ini. Diri sendiri yang merupakan seorang pemimpin juga bagi anggota tubuh kita, sudahkan memenuhi hak anggota tubuh.

…. Ah lupa lagi nih mau nulis apa, ada sedikit gangguan bisa mengacaukan konsentrasi ternyata, meski gangguan yang tidak berarti. Ah lain kali moga bisa melanjutkan. Ato ada yang mo nambahin, ato mengkoreksi? Thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: